Selamat datang, website ini dibuat untuk mempromosikan batik Indonesia, termasuk yang berasal dari Ciamis. Saat ini anda sudah dapat mulai berbelanja walaupun website belum 100 % selesai. Produk yang sudah masuk dalam website ini adalah produk-produk batik dari Ciamis. Saat ini admin sedang memasukkan produk-produk batik dari daerah lainnya. Dalam waktu dekat anda juga akan dapat berbelanja produk batik dari Pekalongan, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Garut, dan Tasikmalaya. Saat ini pembayaran dapat dilakukan melalui transfer antar bank dan dalam waktu dekat akan dapat juga dilakukan pembayaran menggunakan PayPal.Semoga batik Indonesia semakin berjaya di negeri sendiri maupun dunia. Terima kasih

This site provides you with full range of Batik choice from places in Indonesia e.g. Batik Ciamis, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Garut, Batik Cirebon etc. (Situs ini menyediakan alternatif batik dari berbagai tempat di Indonesia, seperti Batik Ciamis, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Garut, Batik Cirebon, dll.)

 

Tentang Kami

Ass. wr. wb.

Selamat datang di Galeri Batik Ciamis : Rumah Batik Indonesia

Tidak banyak orang yang tahu mengenai Batik Ciamis. Dalam beberapa literatur dapat dibaca bahwa tradisi batik di Ciamis telah ada sejak jaman Kerajaan Galuh yang berpusat di sekitar Kawali, Kabupaten Ciamis saat ini. Batik Ciamis mendapatkan banyak pengaruh dari daerah disekitarnya seperti Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya, dan Garut. Selain itu pengaruh dari Yogyakarta dan Solo juga didapatkan oleh Batik Ciamis.

Pengaruh dari berbagai budaya tadi kemudian berasimilasi dengan sifat urang Sunda yang cenderung tenang, sederhana, dan mencintai alam. Dari asimilasi inilah bisa dilihat karakter utama Batik Ciamis yang sederhana dengan motif yang diinspirasi oleh alam serta kehidupan sehari-hari (termasuk cerita rakyat). Beberapa motif Batik Ciamis dimaksud diantaranya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Suliga Adu Manis

Parang Sontak

Ciung Wanara

Pada tahun 1970-an Batik Ciamis sebenarnya pernah mengalami masa kejayaannya walaupun kemudian tenggelam pada dasawarsa terakhir abad 20. Saat ini Batik Ciamis sedang mencoba mencari kembali eksistensi dirinya dan hal tersebut dipandang perlu didukung oleh para pendiri toko online ini. Hal tersebut menjadi latar belakang didirikannya www.batik-ciamis.com.

Diluar namanya yang mencantumkan "Ciamis" para pendiri bersepakat untuk tidak membatasi daerah asal batik yang dijual di toko online ini. Keputusan tersebut didasari oleh penghormatan kami kepada seluruh pengrajin batik di tanah air yang telah bersusah payah melestarikan budaya Bangsa Indonesia. Disini secara progresif anda akan dapat menemukan batik dari daerah lain seperti Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan daerah lain di Indonesia.

 Semoga website ini dapat berkembang untuk mempromosikan batik keseluruh dunia dan menjadi bagian dari perkembangan batik Nusantara.

Wass. wr. wb.